Senin, 05 Desember 2011

NAFTA

North American Free Trade Agreement adalah kesepakatan kersajama dalam bidang perdagangan yang melibatkan negara amerika serikat, kanada, dan meksiko. kesepakatan tersebut digagas pada tanggal  5 februari 1991 antara PM Brian Mulroney, Presiden Carlos Salinas de Gortari dan presiden George Bush. secara resmi nafta diberlakukan pada tanggal 1 januari 1994. sebelumnya pernah terjadi kesepakatan perdagangan bebas antara kanada dengan amerika serikat yakni Canada-United States Free Trade Agreement (CUFTA) pada tahun 1988. pada tahap selanjutnya kongres amerika serikat mengembangkan kerja sama perdagangan bebas ini dengan meksiko, yang kemudian melahirkan NAFTA.
inti dari kesepaktan nafta adalah penghapusan tarif antara Kanada, meksiko dan Amerika Serikat untuk hampir semua komoditi pada tahun 2003.  tujuan NAFTA adalah menghilangkan hambatan perdagangan dan investasi antara AMERIKA, Kanada dan Meksiko. pelaksanaan NAFTA pada bulan januari 1994 langsung memberlakukan penghapusan tarif pada lebih dari satu setengan impor Amerika dan Meksiko dan lebih dari sepertiga ekspor amerika ke Meksiko. dalam waktu 10 tahun semua tarif akan dihilangkan kecuali beberapa komoditi ekspor pertanian amerika ke meksiko yang akan dihapus dalam jangka 15 tahun. sebagian besar perdagangan amerika dan kanada sudah bebas cukai.
sasaran NAFTA adalam mempermudah aturan-aturan perdagangan diantara para anggotanya terutama dalam bidang berikut ini :
1.       menghapus penghalang bagi perdaganan dari luar dan memfasilitasi perpindahan barang lintas batas dan pelayanan antar daerah dari pihak yang bersangkutan.
2.       memperkenalkan suatu kondisi berlangusngnya kompetisi yang sehat dalam sebuah area perdagangan bebas.
3.       meningkatkan kesempata investasi yang substansial.
4.       menyediakan perlindungan yangefektif terhadap hak properti intelektual.
5.       menciptakan prosedur efektif dalam pelaksanaan dan penerapan perjanjian yang telah ditetapkan.
6.       mendringkan suatu kerangka kerja bagi suatu kerjasama trilateral, regional dan multilateral untuk menambah keuntungan dari perjanjian.

0 komentar:

Posting Komentar